Read More......
Name:
Location: tugu, jakarta utara, Indonesia

empty

Friday 25 November 2011

Mengenal Delphi 2010

Sebenarnya versi Delphi terbaru adalah Delphi XE2 (rilis Agustus 2011) dan sebelumnya ada versi Delphi XE (rilis Agustus 2010). Lalu, versi sebelumnya adalah Delphi 2010 (rilis Agustus 2009), Delphi 2009 (rilis September 2008), Delphi 2007 R2 (rilis September 2007), Delphi 10/Delphi 2006, Delphi 9/Delphi2005, Delphi 8 (rilis Desember 2003), Delphi 7 (rilis Agustus 2002), Delphi 6 (rilis tahun 2001), Delphi 5 (rilis tahun 1999), Delphi 4 (rilis tahun 1998), Delphi 3 (rilis tahun 1997), Delphi 2 (rilis tahun 1996) dan Delphi 1 (rilis tahun 1995).

Delphi 2010
Delphi 2010 merupakan versi yang diperkenalkan oleh Embarcadero Technologies untuk meneruskan versi-versi sebelumnya. Delphi 2010 inilah yang saya pakai selain Delphi 7 pada mata kuliah Pemrograman Visual. Penambahan fitur-fitur yang belum pernah disertakan pada versi sebelumnya dan belum pernah diimplementasikan pada pemrograman berbasis IDE (Integrated Development Environment) yang lain. Delphi 2010 merupakan pemrograman yang berjalan di sistem operasi Microsoft Windows dengan tampilan yang menarik dan mudah digunakan. Selain itu, dukungan penuh terhadap fitur perangkat tablet seperti keyboard virtual dan layar sentuh menjadi sebuah daya tarik bagi para programmer untuk beralih menggunakan versi Delphi 2010 ini.

Kehadiran Delphi 2010 dimaksudkan untuk menyempurnakan versi Delphi yang sudah dikembangkan sebelumnya dengan penambahan fitur serta fasilitas yang belum ada pada versi Delphi sebelumnya. Delphi 2010 adalah lingkungan pengembangan terintegrasi yang digunakan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi, baik basis dekstop maupun web yang dapat berjalan di semua versi Windows dan platform database.

Dari Delphi 2010, programmer dapat membangun jenis aplikasi Windows, seperti aplikasi stand-alone executables (EXE), dynamic link library (DLL), COM, OCX, type libraries, control panel applet, aplikasi Windows Service dan aplikasi console. Programmer juga dapat dengan mudah membangun aplikasi-aplikasi client yang kaya akan fitur, antarmuka yang bagus, atau aplikasi basis command line.

Programmer juga bisa dengan mudah membangun aplikasi kompleks seperti aplikasi multimedia yang dapat menjalankan hampir semua format multimedia. Seperti:

* Aplikasi antarmuka yang menghubungkan perangkat keras ke komputer seperti fingerprint, scanner, webcam dan sebagainya.
* Aplikasi database baik embedded database, database server, dan client server database.
* Aplikasi web dan webservices.

Kelebihan Delphi 2010 dari versi Delphi sebelumnya adalah:

* Dukungan penuh terrhadap sistem operasi Windows 7.
* Mendukung kepada perangkat layar sentuh yang terdapat pada komputer tablet.
* Banyaknya platform database server populer yang secara standard didukung.




Edisi-Edisi Delphi 2010
Embarcadero Technologies saat meluncurkan Delphi 2010 membaginya menjadi 3 edisi. Kenapa ada pembagian edisi dalam Delphi 2010, karena untuk memberikan kemudahan bagi pengembang aplikasi yang hendak menggunakan Delphi 2010 dapat memilih dan menentukan edisi Delphi sesuai dengan kebutuhan. Semakin tinggi edisi yang nantinya dibeli berbanding lurus dengan harga, fasilitas, fitur yang ditawarkan oleh Embarcadero Technologies.

Mari kita ketahui apa saja ketiga edisi Delphi 2010:

Delphi 2010 Profesional
Delphi 2010 Profesional dibuat untuk pengembangan dan perancangan aplikasi yang berjalan di sistem operasi Windows, aplikasi layar sentuh, baik dengan atau tanpa keberadaan database lokal dan database terintegrasi. Edisi Profesional menyediakan segala hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi secara mudah dan cepat.

Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Profesional adalah, sebagai berikut:

* Koneksi database lokal ke database server InterBase, BlackFish SQL dan MySQL.
* Implementasi BlackFish SQL pada sistem dengan 1 pengguna/user dan kapasitas database maksimum 512 Mb.
* VCL for the web dengan dukungan hanya untuk aplikasi standalone dengan batasan hingga lima koneksi. Tidak ada dukungan untuk ISAPI atau HTTPS.
* Memperkenalkan kode audit dan metrik untuk lebih memahami style dari kode dan perkembangan proyek.
* Visualisasi kode UML mulai dari representasi visual dari kode sumber agar lebih mudah dimengerti.

Delphi 2010 Enterprise
Delphi 2010 Enterprise dibuat untuk pengembangan dan perancangan aplikasi client maupun server, multi-tier, dan aplikasi web yang berjalan di sistem operasi Windows. Edisi Enterprise sendiri memberikan koneksi yang baik dengan berbagai macam server database dan sumber data enterprise, pengembangan pemodelan UML, serta tool yang sesuai dalam mengembangkan aplikasi berkualitas.

Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Enterprise adalah, sebagai berikut:

* Koneksi database server ke InterBase, BlackFish SQL, Firebird, MySQL, Microsoft SQL Server, Oracle, DB2, Informix dan Sybase pada saat mengembangkan aplikasi berbasis Windows.
* Dukungan terhadap pengembangan aplikasi DataSnap multi-tier.
* Implementasi BlackFish SQL pada sistem dengan 4 user/pengguna dan kapasitas database maksimum 2 Gb.
* VCL for the web dengan dukungan hanya untuk aplikasi standalone, aplikasi service, dan ekstensi ISAPI dengan dukungan HTTPS tanpa batasan koneksi.
* Set lengkap dari 80+ kode audit dan 200+ kode metrik untuk lebih memahami style dari kode dan perkembangan proyek.
* Dukungan pemodelan UML dua arah secara penuh dengan beberapa tipe diagram, sinkronisasi antara kode dan model, generasi dokumen serta pattern dokumen.

Delphi 2010 Architect
Delphi 2010 Architect dibuat untuk pengembang aplikasi yang merancang dan membuat aplikasi client/server dengan data yang intensif, dan aplikasi web dengan ssitem database berskala enterprise. Edisi Architect meliputi semua yang terdapat dalam versi Enterprise, termasuk fasilitas pemodelan dan desain data dari Embarcadero ER/Studio. Edisi Architect memang dibuat khusus bagi para pengembang software yang ingin melakukan desain dan pengelolaan database secara efektif, efisien dan optimal.

Fitur-fitur yang ada pada Delphi 2010 Architect adalah, sebagai berikut:

* Reverse-engineer, analyze, dan optimasi database.
* Otomatis membangkitkan (generate) kode database dari model untuk forward engineering.
* Diperlengkapi dengan kemampuan menciptakan model fisik dan logika berdasarkan informasi yang diambil dari database dan file skrip.
* Bekerja dengan diagram dapat dibaca dan dinavigasi dengan baik.
* Kemampuan dua arah yang baik dalam membandingkan dan menggabungkan model dan struktur database.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home